Ida Ayu Intan Anindya Nari,Siswi kelas XI SMAN 1 Cerme Gresik akhirnya berhasil menyabet Juara I dalam ajang pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur tingkat Pelajar

dikutip dari : https://makinews.com/2023/12/ida-ayu-intan-anindya-narisiswi-kelas-xi-smkn-1-cerme-gresik-akhirnya-berhasil-menyabet-juara-i-dalam-ajang-pemilihan-duta-anti-korupsi-jawa-timur-tingkat-pelajar/

 

Akhirnya gelaran pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur resmi berakhir tadi malam ( 17/12 ). Ananda Ida Ayu intan Anindya Nari terpilih sebagai Juara 1 dalam Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur..

Siswi kelas XI SMAN 1 Cerme Gresik tersebut telah berhasil menyisihkan 19 total finalis dari 283 pendaftar yang telah resmi mendaftarkan diri dalam Ajang Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur tingkat Pelajar tersebut.

Ida ayu Intan juga berhasil merebut simpati ketiga dewan juri yang terdiri dari Drg David sebagai Ketua Dewan Juri,Nur Samsi dan Heru MAKI sebagai anggota Dewan Juri Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur tingkat pelajar SMA/SMK se Jawa Timur.

“Jujur,dalam variabel skor atau nilai,skor yang diperoleh ananda Ida Ayu Intan ini sama persis dengan Skor pesaingnya,Ananda Yoga dari SMAN 1 Turen Malang,” jelas Drg David sebagai Ketua Dewan Juri.

“Dari variabrel skor yang sama persis tersebut,memancing sebuah perdebatan kecil diantara ketiga dewan juri untuk menarik satu variabel yang menjadi nilai plus diantara kedua finalis calon juara tersebut,” lanjut Drg David.

Akhirnya ketiga dewan juri mencapai kata sepakat untuk memberikan gelar Juara 1 atau Juara Umum dalam Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur tingkat pelajar SMA/SMK se Jawa Timur kepada ananda Ida Ayu Intan karena ada sebuah kejadian menarik yang spontan menggerakkan empati Ida ayu intan.

Yoga Rendysa Galang sebagai Juara II

Kejadian menarik tersebut terjadi ketika masih dalam tahapan gelaran semifinal ajang pemilihan duta anti korupsi yang diselenggarakan sabtu,satu hari sebelumnya ( 16/12 ).

Septian Surya Daffa sebagai Juara III

Ketika ajang semifinal,ananda Angel dari SMAN 1 Balung Jember,tiba tiba terlihat sangat nervous diatas panggung dan tidak bisa berbicara sepatah katapun ketika dewan juri memberikan pertanyaan.

Secara spontan,ketika melihat rekannya sangat nervous dan grogi tersebut,Ananda Ida Ayu Intan langsung mendatangi rekannya dan menenangkan rekannya tersebut di hadapan dewan juri.

” langkah kecil empati itulah yang akhirnya membuat kami,ketiga dewan juri akhirnya sepakat menarik sebuah variabel assesment tersebut menjadi extraordinary skor plus dan sepakat untuk menjadikan Ida Ayu Intan sebagai Juara Pertama,” pungkas Drg David.

Dalam gelaran malam Grand Final ajang Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur tingkat pelajar SMA/SMK se Jawa Timur,yang menyisakan hanya 10 pelajar,akhirnya terpilihlah 5 Juara yaitu

  1. Ida Ayu Intan Anindya Nari,Pelajar SMAN 1 Cerme Gresik sebagai Juara 1
  2. Yoga Rendysa Galang,Pelajar dari SMAN 1 Turen Malang sebagai Juara II
  3. Septiam Surya Daffa,Pelajar SMKN 2 Pacitan sebagai Juara IiI
  4. Nur Cahyo Tri Pamungkas,SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo sebagai Juara Harapan I
  5. Putria Jangdu,Pelajar SMKN 2 Ponorogo sebagai Juara Harapan II

“Saya bangga dan sangat terharu melihat keberhasilan panitia yang notabene Pengurus MAKI Jatim yang telah berhasil dengan sangat sukses melaksanakan ajang Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur tingkat Pelajar SMA/SMK se Jawa Timur,” ungkap Heru MAKI,Ketua MAKI Koorwil Propinsi Jawa Timur.

” Saya mengikuti betul mulai dari siswa 20 besar yang datang registrasi dan langsung mengikuti tahapan pembekalan dan Karantina selama 2 hari,kemudian semua peserta mengikuti latihan blocking stage dengan Cak Lutfi,bagaimana Mbak Vonni dan team melayani apapun keperluan peserta dan pendamping yang lolos 20 besar ,bagaimana Ibu Yulis dan team yang tidak pernah lelah untuk menyediakan semua konsumsi peserta dan catering Malam semifinal dan Final,dan bagaimana Mas Himawan sebagai Ketua Panitia yang mengorganisasi semua lini team dengan baik dan sangat bertanggung jawab,semua saya ikuti dan saya sangat bangga akan kinerja mereka,” jelas Heru MAKI.

Malam Final Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur telah berakhir dengan menyisakan gelora semangat untuk selalu menjaga marwah semangat Anti Korupsi bagi MAKI Jatim secara kelembagaan serta Kader Muda Pelajar Duta Anti Korupsi Pelajar Jawa Timur.

“Inilah karya nyata kami sebagai bentuk pengabdian dan sumbangsih karya kami secara nyata kepada Masyarakat Jawa Timur dalam menjaga semangat pemberantasan Korupsi,dan kami persembahkan kader muda pelajar yang menjadi Duta Anti Korupsi Jawa Timur yang akan mewarisi serta akan selalu menggelorakan semangat Anti Korupsi di lingkungan Sekolah dan lingkungan Dunia Pendidikan Jawa Timur,” pungkas Himawan Agung,Ketua Panitia Pemilihan Duta Anti Korupsi Jawa Timur tingkat pelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *