PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1444 H

Assalamualaikum wr.wb

Pada tanggal 14 Oktober 2022, SMAN 1 Cerme mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah yang di hadiri penceramah K. H. Misbahudin, S.Pd.I, M,Pd.I , kepala Sekola SMAN 1 cerme, segenap dewan guru dan siswa – siswi SMAN 1 Cerme.

Acara maulid Nabi Muhammad SAW ini di selenggarakan dengan tujuan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW pada Bulan Rabiul Awal setiap tahunnya dengan harapan mendapatkan syafaatnya.

Singkat cerita dan makna dari maulid Nabi Muhammad SAW yaitu kisah berdasarkan dari hadist Riwayat imam Ibnu Ishaq dari sayidina Ibnu Abbas yang berbunyi;

“ Rasulullah dilahirkan di hari Senin, tanggal dua belas  pada bulan Rabiul Awal tahun Gajah”. ( Imam Ibnu Hisyam, juz 1, halaman 183).

Berikut penjabaran dari hadist di atas bahwa pada tanggal dua belas Bulan Rabiul Awal tahun Gajah Nabi Muhammad SAW dilahirkan, namun sang ayah sudah meninggal dunia saat Nabi Muhammad masih dalam kandungan Ibundanya. Ibunda Sayyidah Aminah begitu Bahagia dengan kandungannya. Sayyidah Aminah sering mengalami kejadian luar biasa saat mengandung Nabi Muhammad SAW hingga sampai Nabi Muhammad SAW dilahirkan.

Disebutkan beberapa dalil Syar’i yang lain yaitu diantaranya Firman ALLAH SWT dalam Qs. Yunus ayat 158 yang artinya “ Katakanlah dengan anugerah ALLAH SWT dan RahmatNya. ( Nabi Muhammad SAW ) hendaklah mereka menyambut dengan gembira”.

Menurut sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki Al Hasani. “ bergembiralah dengan adanya Nabi Muhammad SAW. Sebagai utusan ALLAH SWT”. (sayyid Muhammad al Maliki Al has ani, Ikhrajwa Ta’liq Fi Mukhtashar sirah An- Nabawiyah, halaman 6-7 )

Bahwa pada hakekatnya Maulid Nabi Muhammad SAW dirayakan bertujuan untuk memuliakan ( mengagungkan ) dan mengungkapkan kecintaan terhadap Rasulullah SAW. Semoga kita semua sebagai umatnya yang baik selalu  mendapatkan syafaatnya. Aamiin

 

2 thoughts on “PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1444 H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *