Gerakan untuk Remaja Masa Kini-Pemeriksaan Kadar Hb Pada Remaja Putri di SMAN 1 Cerme

Gresik – Pemeriksaan kadar hemoglobin (Hb) di SMAN 1 Cerme digelar pada hari Senin, 17 Januari 2023.

Kegiatan dilaksanakan oleh Puskesmas Cerme yang bertujuan untuk mengetahui status anemia pada remaja putri (rematri) di SMAN 1 Cerme. Dalam kegiatan ini jajaran Muspika kecamatan Cerme dengan didampingi Ibu Indah Nusa Rini, S.Pd, M.Pd selaku Kepala SMAN 1 Cerme meninjau pelaksanaan kegiatan di Aula Wiyata Mandala.

Foto Ibu Kepala SMAN 1 Cerme bersama Jajaran Muspika Cerme

Kegiatan ini melibatkan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang dalam hal ini dihadiri oleh Ibu Sutatik, S.Pd, M.Pd selaku koordinator/pembina UKS SMAN 1 Cerme  dan diikuti oleh remaja putri dari kelas X-1 sampai dengankelas X-12. Hasil pemeriksaan didapatkan sebanyak 1,2% remaja putri mengalami anemia dari total 260 anak yang dijadikan sampel.

Foto petugas Puskesmas mengambil sample darah siswa.

Dilansir dari laman WHO, anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya. Hemoglobin diperlukan untuk membawa oksigen dan jika sel darah merah terlalu sedikit atau abnormal, maka akan terjadi penurunan kapasitas darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan gejala seperti kelelahan, kelemahan, pusing, sesak napas, pucat, dan lain sebagainya.

Foto Kader UKS terlibat membantu jalannya kegiatan.

Menanggulangi hal tersebut, pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui pendidikan gizi seimbang, fortifikasi pangan, dan suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD). Suplementasi TTD mulai dilaksanakan pada tahun 2015 dengan minum TTD 1 tablet per minggu sepanjang tahun bagi remaja putri usia 12–18 tahun yang berada di jenjang pendidikan SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Walaupun pemberian TTD pada remaja putri sudah dilakukan, prevalensi anemia masih cukup tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah kurangnya kepatuhan remaja putri dalam mengonsumsi TTD.

Foto Petugas kesehatan Puskesmas Cerme memeriksa hasil cek Hb siswa

 

Foto Kegiatan jajaran Muspika Cerme meninjau jalannya kegiatan.

 

Sumber :

WHO. “Anaemia”. https://www.who.int/health-topics/anaemia#tab=tab_1WHO. Diakses pada Februari 2, 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *